MIFTAHUL HAYAH

Kamis, 17 November 2016

Percaya Kepada Qada dan Qadar Alloh

IMAN KEPADA QODA DAN QODAR ALLOH SWT

Assalamu’alaikum !!!

Alhamdulillah pada kesempatan ini admin dapat menulis sebuah artikel ini, semoga ada manfaat, bagi sahabat pembaca blog. Iman kepada qada dan qodar merupakan salah satu rukun iman yang enam yang harus kita laksanakan.

 

 

1.    Pengertian qada dan qadar

ü  Qada yaitu ketetapan Allah swt sejak zaman azali sesuai dengan kehendakNya (Iradah ) tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan mahluknya .
ü  Qadar yaitu Perwujudan dari qada atau ketetapan Allah swt dalam kadar tertentu sesuai dengan kehendakNya (takdir).
Hubungan antara qada dan qadar  yaitu hubungan yang tidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan karena qada diibaratkan rencana , sedangkan qadar sebagai perwujudan atau kenyataan yang terjadi .Allah swt dalam melakukan qadarNya sesuai dengan kehendakNya.

2.    Pengertian Iman kepada Qada dan Qadar

Iman kepada qada dan qadar yaitu percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah swt telah menentukan segala sesuatu yang akan terjadi untuk mahluknya (qada dan qadar )
Setiap manusia , telah di ciptakan dengan ketentuan – ketentuan dan telah di atur nasibnya sejak zaman azali .Akan tetapi bukan berarti kita sebagai manusia bermalas – malasan menunggu nasib tanpa berusaha / berikhtiar .Karena sebuah keberhasilan tidak akan tercapai tanpa adanya usaha .

3.    Macam -macam Takdir

Ada dua macam takdir yaitu takdir Mualaq dan takdir mubran.

1.    Takdir Muallaq

Takdir muallaq yaitu takdir yang masih dapat di rubah dengan usaha atau ikhtiar .Contohnya yaitu :seseorang yang ingin kaya maka harus bekerja , orang yang menginginkan pandai maka harus belajar .Segal sesuatu yang kita inginkan tidak akan tercapai jika tidak dibarengi dengan berikhtiar atau berusaha.

2.    Takdir Mubran

Takdir mubran yaitu takdir yang tidak dapat di rubah lagi ,walaupun sudah berikhtiar .Contohnya adalah kematian seseorang .
Hikmah beriman kepada qada dan qadar :
ü  Melatih diri untuk lebih bersyukur kepada Allah swt.
ü  Mendekatkan diri kepada Allah swt .
ü  Melatih seseorang menjadi orang yang giat berusaha dan tidak cepat putus asa .
ü  Menghindarkan dari sifat sombong .
ü  Dapat menenangkan jiwa .
ü  Membiasakan diri untuk bersabar dan bertawakal kepada Allah swt .
Apabila manusia telah mengimani qoda dan qodar dengan sepenuhnya maka dalam menghadapi segala sesuatu akan terasa ringan dan mudah, karena sudah meyakinkan apapun yang terjadi merupakan hal terbaik bagi dirinya dari Alloh.
Demikianlah artikel yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat dan memperkokohkan keimanan kita Amiiin,,,
Apabila menyukai artikel ini silahkan klik LIKE, apabila ada masalah silahkan tinggalkan komentar, apabila bermanfaat silahkan SHARE Ke teman-teman,, terimakasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar